top of page
Gambar penulissean.

The Highest Form of Love: Loving Yourself.


ˏ 𓏧 𓏲 𓏲 𓏲 𓋒 𓏲 𓏲 𓏲 𓏲 𓏧 ˎ


Jawab ini dengan cepat,

"Apa kamu sudah mencintai diri kamu sendiri hari ini?"


Kalau jawaban kalian ya, terima kasih sudah mencintai diri kamu dengan baik. Terus lakukan itu setiap harinya.

Kalau jawaban kalian belum, yuk coba cari tau bareng-bareng cara mencintai diri sendiri. Karena hakikatnya, mencintai diri sendiri itu lebih sulit dibandingkan mencintai orang lain. Mungkin kita bisa jatuh cinta pada orang lain dalam pandangan pertama, tapi untuk mencintai keberadaan diri kita sendiri bagaimana? Mencintai diri sendiri adalah suatu proses. Semua orang pasti akan atau sudah mengalaminya. Oleh karena itu, sering kita dengar pepatah 'Kita takkan bisa mencintai orang lain dengan baik apabila kita belum mencintai diri kita sendiri dengan baik'.



Cara yang dapat dilakukan tuh banyak! Mudah? tentu saja tidak. Hal-hal yang aku mau share disini hanya beberapa dari yang pernah aku lakukan dan sampai saat ini masih coba biasakan. Ingat, karena perjalanan mencintai diri sendiri adalah suatu proses panjang. Tidak ada jalan potong.

  • Mengenal diri sendiri : Maksudnya itu aku cari tau lebih dalam diri aku. Dimulai dari mencari tau, kenapa aku sedih? Apa yang buat aku kecewa? Hal lain yang biasa aku lakuin itu, coba tes-tes personality kayak MBTI, love languange, attachment style. Test kayak gitu untuk aku sendiri ngebantu aku connecting every dots di hidup aku. Setelah itu aku dapat jawaban, dan sering aku ngomong dalam hati "Oh pantes aku gini, pantes blablabla."

  • Latihan Mindfullness : Mindfullness itu dimana kita berlatih dalam mengontrol tentang pikiran kita, emosi kita atau kebutuhan kita. Aku sering banget ikutan webinar tentang hal ini. Karena hal ini untuk aku yang paling sulit. Karena terbiasa emosi dan pikiran aku berkelana jauh dan bener-bener ga terkontrol. Aku pun mulai dari hal terkecil, dari pikiran sebelum tidur. Saat aku rasa sudah terlalu jauh overthingking-nya, aku bilang ke diri aku sendiri 'No. Stop disitu, udah cukup. Semua cuma imajinasi.'

  • Memilah mana yang baik dan buruk. : Konteks disini ya aku melihat tentang apa yang baik dan buruk dari kebiasaan aku. Misal tidur begadang, bangun siang, makan yang ga teratur, jarang olahraga bahkan untuk keluar nikmatin matahari pun dulu ga pernah banget selain keluar untuk kuliah, ketemu temen atau kegiatan lainnya. Hal yang paling sulit pasti ada, setiap orang berbeda-beda pasti. Makanya aku ingetin, gapapa kok pelan pelan aja, asal konsisten. Aku juga memilah lingkungan aku, karena jangan salah. Lingkungan yang salah cuma kasih kalian bad energy. Aku ngerasain hal itu sejak aku mulai nge-cut lingkungan-lingkungan yang selama ini nguras energi aku dan cuma ngasih energi negatif.

  • Bersyukur untuk semua hal yang dilakukan untuk diri sendiri : Aku dulu selalu ngerasa apa yang aku lakuin gagal, ga guna semua. Aku jatuhnya dulu selalu ga percaya diri tentang apa yang ada di diri aku. Entah itu secara fisik maupun kemampuan yang lainnya. Tapi aku kembali diajarkan dan diingatkan oleh sahabat terdekat aku, untuk setiap malam pikirkan apa yang kita syukuri di hari itu. Pertama kali dapat pertanyaan itu, aku ga bisa jawab. Tapi dia bilang, 'Berterima kasihlah buat nafas yang kamu hirup di awal hari dan dalam satu hari ini. Hal yang disyukuri ga selalu tentang barang, achievement. Hal kecil masih di kasih kesempatan ketemu orang tua, saudara atau kerabat dekat pun itu hal yang harus di syukuri'. Sejak itu aku selalu bersyukur tentang hal-hal kecil.


Cara-cara sebelumnya cuma beberapa contoh dari bagaimana untuk mencintai diri sendiri. Terus ingat, mencintai diri sendiri adalah sebuah proses yang panjang dan tidak akan pernah ada habisnya untuk mengenal diri sendiri untuk menjadi pribadi lebih baik di masa depan.

Untuk referensi tambahan, kalian boleh banget nonton video Satu Persen yang satu ini ヾ๑ˊᵕˋ๑◞♡


᠃ ⚘᠂ ⚘ ˚ ⚘ ᠂ ⚘ ᠃

Jangan lupa buat terus pantengin informasi dari Satu Persen dengan follow instagram Satu Persen disini. Aku harap artikel ini bisa bermanfaat dan lewat membaca artikel ini bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik, seenggaknya Satu Persen setiap harinya sama kayak tagline-nya Satu Persen.


Referensi :

7 Ways to Start Your Journey Toward Self-Love by Jennifer Twardowski (2017) : https://www.huffpost.com/entry/self-love_b_6827636

5 Ways to Love Myself by BTS (2018) : https://www.love-myself.org/post-eng/bts_5ways_eng/

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Komen


bottom of page